WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Minum Madu untuk Memperlancar BAB

Di zaman serba instan ini salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi adalah susah buang air besar (BAB). Memang masalahnya kompleks, dari pola hidup yang jarang olah raga, hingga pola makan yang menyukai serba instan.

Namun demikian berkaitan dengan pembahasan kali ini kami ingin menyampaikan bagaimana mengatasi susah BAB dengan mengkonsumsi madu. Tulisan ini kami buat berdasarkan hasil bacaan kami, juga pengalaman kami melakukannya selama ini.

Keistimewaan Madu untuk Pencernaan

Hampir semua madu memiliki salah satu kelebihan alami yang tidak dimiliki oleh nutrisi lain. Madu memiliki antiseptik yang bisa mengurangi keasaman dalam perut. Sehingga ketika asam Anda terlalu tinggi madu bisa menjadi salah satu penetralisir.

Kedua, madu juga memiliki kandungan yang bisa meningkatkan lendir dalam usus. Produksi lendir bisa menjadi lebih tinggi. Fungsinya agar permukaan organ tersebut tetap basah dan berpelumas. Sehingga proses dalam tubuh menjadi lancar.

Biasanya bagi orang yang memiliki pola makan tidak sehat akan memicu produksi lendir yang tidak stabil. Di sinilah salah satu sebab kesulitan buang air besar. Maka madu memiliki fungsi untuk meningkatkan lendir yang bermanfaat di usus.

Ketiga, madu memiliki enzim dengan fungsi membuat pergerakan usus menjadi teratur. Efeknya adalah zat tersebut akan bekerja perlahan-lahan untuk membersihkan usus besar dari toksin.

Imbas positifnya adalah pencernaan menjadi lancar. Alur di dalam tubuh menjadi stabil. Di sinilah mengapa madu banyak dikonsumsi orang untuk meningkatkan stamina. Salah satu alasannya adalah memperlancar pencernaan sehingga semua makanan energinya bisa terserap dengan baik.

Madu Kaliandra untuk Pencernaan

Salah satu madu yang dikenal memiliki efek bagus untuk pencernaan adalah Madu Kaliandra. Madu ini memiliki sifat sedikit encer, warnanya kuning seperti kuning telor atau minyak goreng curah, plus rasanya yang manis.

Madu kaliandra tergolong madu kelas menengah karena khasiatnya cukup banyak dan rasanya cukup enak.

Madu Kaliandra memiliki glukosa yang lebih tinggi dari fruktosa. Efeknya konon memiliki energi yang lebih besar dibandingkan dengan madu-madu lain. Oleh sebab itu madu ini cukup banyak diminati. Info lengkap madu kaliandra bisa dibaca di sini.

Cara Minum Madu untuk Pencernaan BAB

Karena madu memiliki enzim yang baik untuk tubuh, maka untuk mendapatkan hasil yang optimal untuk tubuh seperti laiknya makan makanan berenzim lainnya. Yaitu sebelum makan.

Ketika perut Anda kosong dan meminum madu, maka sudah bisa dipastikan zat-zat yang terkandung di dalamnya akan mudah terserap oleh tubuh. Bahkan ada yang mengistilahkan seperti sabun yang akan mendetok organ dalam tubuh.

Untuk madu kaliandra saran kami campurkan dengan air. Karena madu kaliandra sangat manis, tidak semua orang kuat untuk meminum langsung. Campur dengan air, terutama air hangat. Jangan air panas karena zat baik dalam madu akan rusak. Jika bertanya berapa suhunya, kira-kira 30-37 derajat. Seperti suhu di sekitar kita. Juga seperti suhu tubuh kita, sehingga lebih mudah diterima. Anda kira-kira saja, hangat.

Jika ingin mendapatkan manfaat secara kesehatan, maka jangan minum dengan air dingin. Karena secara khasiat akan lebih cepat bekerja ketika dicampur dengan air biasa atau air hangat.

Selanjutnya minumlah air madu sebanyak satu gelas besar. Kira-kira kalau mampu setengah liter. Atau minimal 350 ml. Aqua gelas lebih sedikit. Minum ketika Anda baru bangun tidur, atau selepas subuh. Intinya belum makan apa-apa. Campurkan dengan 2 sendok makan madu.

Jangan terlalu banyak madu, karena sifat madu bukan untuk obat, tapi lebih kepada terapi. Sehingga lebih baik dilakukan rutin terus menerus.

Lakukan kegiatan tadi di pagi dan sore, kira-kira satu jam sebelum makan malam. Sama dengan air hangat, dua sendok makan madu, plus air sebanyak 350-500 ml. Lakukan hal ini rutin setiap hari.

Jika Anda kesulitan dengan pola ini, atau belum terbiasa minum air putih yang banyak, maka bisa meminum di pagi hari dengan mencampur air teh hangat. Sebagai pengganti gula.

Namun jika ternyata Anda memang memiliki masalah pencernaan akut, bisa dicampur dengan air perasan lemon. Peras sedikit saja. Karena kalau kebanyakan air lemon tidak bagus untuk lambung.

Perhatian, jika ternyata Anda mencret, itu artinya Anda harus mengurangi porsi madu. Misalkan sebelumnya Anda dua sendok makan, maka menjadi satu sendok setengah.

Pola minum madu yang demikian aman, tidak akan menyebabkan efek samping berlebihan. Ini memang pola hidup sehat. Anda sudah mengkonsumsi air madu satu liter, dan itu sudah menghasilkan energi untuk tubuh, sekaligus memperbaiki pencernaan Anda yang tadinya bermasalah.

Selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar