WHAT'S NEW?
Loading...

Sejarah Madu di Dunia




Manusia telah melakukan perburuan sejak 8000 tahun yang lalu, di mana banyak sejarah yang menuliskan bahwa manusia awalnya hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Kemudian manusia melakukan perburuan dan juga mengumpulkan sumber makanan di berbagai tempat yang berbeda. Hal ini banyak dibuktikan mulai dari prasati, cerita atau legenda sejarah dan juga peninggalan.

Dikabarkan FoodBeast (5/4) beberapa orang bahkan menyebut madu sebagai nektar para Dewa. Lebah madu diketahui sudah ada sejak 158 juta tahun lalu. Catatan sejarah juga banyak membahas seputar lebah dan madu.

Lebah dan madu bahkan terukir di dinding-dinding piramida Mesir Kuno, bahkan dalam kitab suci juga turut disebutkan madu. Termasuk dalam sebuah lukisan Spanyol yang berusia ribuan tahun, lebah dan madu seolah sudah populer sejak dahulu.

Kegiatan manusia mengoleksi madu ternyata telah dilakukan sejak zaman kuno, hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan yang ditemukan di dalam gua di Valencia, Spanyol.
Kisah ini menggambarkan bagaimana manusia hidup di zaman batu khususnya mesolitikum dan menunjukkan adanya pemburu madu. Lukisan tersebut menggambarkan dua orangbyang sedang mengumpulkan sarang lebah di hutan liar selain itu mereka membawa keranjang dan juga tali. 

Kemudian membawa tangga untuk mencapai sarang liar tersebut. Para ilmuwan menggambarkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan manusia zaman dahulu yang berusaha memanen madu dan mencari madu.

Selain itu madu juga banyak digunakan di zaman Mesir kuno khususnya Ratu Cleopatra. Dimana banyak peninggalan yang membuktikan bahwa ratu dan raja menggunakan madu sebagai salah satu produk untuk merawat kecantikan mereka, sehingga hal ini membuktikan bahwa madu telah digunakan dari zaman ke zaman.

Madu dari Tahun ke Tahun


Berikut ini adalah sejarah madu dari sebelum masehi sampai sesudah masehi:

Tahun sebelum masehi 7000 : Di gua Africa dan Spanyol terdapat gambar orang mengumpulkan madu dari retakan batu dan pohon sementara lebah mengitari atas mereka. Dengan kata lain perburuan madu sudah muncul dan dicari hingga retakan batu.

Tahun 3000 : Di Mesir madu di pakai oleh sebagian besar orang sebagai pemanis. Nilai madu sangat tinggi, bahkan biasa di pakai sebagai alat pembayaran. Tentu karena khasiat yang tinggi itulah madu bisa berharga sangat mahal.

Tahun 2100 : Bahasa Inggris madu yaitu 'honey' diperkirakan berasal dari bahasa Jerman 'Honig'.


Tahun 2000 : Mesir sudah memelihara lebah di sarang buatan. Sejarah memang tidak bisa dilepaskan dari Mesir kuno yang sangat membutuhkan madu untuk kehidupan masyarakat kelas atas.

Tahun 1650 : Mesir kuno menggunakan madu sebagai komponen(bersama lemak hewan dan serat tumbuhan)untuk mengobati luka, sebagai pembuktian yang tertulis di Smith Papyrus. Madu pada akhirnya banyak difungsikan dalam komponen obat-obatan.

Tahun 1100 : Bir Jerman diberi pemanis madu. Madu semakin populer, sehingga dikenal juga sebagai pemanis untuk beragam minuman.

Tahun 1100 : Petani Jerman membayar membayar pajak dalam bentuk madu dan lilin lebah. Lilin lebah dikenal sangat sulit didapatkan. Lebih sulit dari madu itu sendiri. Sehingga nilainya tinggi dan dikenal khasiatnya sangat baik.

Tahun 1600 : Orang Spanyol menemukan bahwa penduduk asli Meksiko dan Amerika Tengah telah mengembangkan metode pemeliharaan lebah untuk memproduksi madu. Lebah mulai banyak dibudidayakan sehingga produksi madu semakin banyak.

Tahun 1638 : Orang Eropa meperkenalkan lebah madu Eropa ke New England. Dengan kata lain madu mulai familiar dan tersebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan pada tahun yang sama mulai disebar ke Amerika Utara, kemudian di tahun 1822 ke Australia.

Tahun 1850 : Lebah madu di bawa ke California angka hibridasi dengan koloni asli untuk meningkatkan produksi. Kebutuhan semakin tinggi, banyak permintaan terkait madu yang harus dipenuhi. Orang pun semakin sadar jika khasiat madu semkin terbukti.

Tahun 2005 : Selandia Baru memiliki 320.000 sarang lebah yang memproduksi panen musiman kira-kira 8600 ton madu.  Selandia baru hingga kini memang dikenal sebagai salah satu produsen madu terbaik di Dunia. Kapasitas produksinya termasuk yang tinggi.

Inilah sejarah Madu yang dirangkum dari beragam website di antaranya, Detik.com, faizalnizbah.blogspot.com, dan gosyenland.com

Picture from: Pixabay

0 komentar:

Posting Komentar