WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Itu Madu


Madu adalah cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nektar bunga dan rasanya manis. Sehingga ada dua aspek penting dalam madu, yaitu lebah dan nektar bunga. Maka jika tidak ada bunga, lebah tidak bisa membuat madu.

Madu bentuknya lengket yang dibuat oleh lebah. Pada musim panas lebah pekerja terbang dari bunga ke bunga mengisap cairan manis yang disebut nektar dengan lidahnya yang panjang seperti pipa.

Anda bisa melihat detil bagaimana madu tersebut di di perkebunan. Sehingga jika ada peternakan madu, pasti di sekitarnya ada bunga.

Lebah ini hinggap pada beribu-ribu bunga tiap hari dan menempuh jarak puluhan kilometer. Seekor lebah yang menemukan bunga yang penuh dengan nektar akan kembali ke sarangnya. Kemudian dia menari-nari di udara. Gerakannya ini memberi tahu lebah-lebah lain tempat bunga-bunga yang terdapat banyak nektar.

Maka kita sering melihat lebah yang berkumpul dan terbang bersama-sama seperti koloni. Ia memang sangat giat bekerjasama untuk mengumpulkan cairan dari nektar-nektar bunga terbaik.

Lebah membawa nektar kembali ke sarang dalam kantong madunya. Nektar dalam kantong madu ini beratnya dapat mencapai setengah kali berat lebah sendiri. Maka kelihatan bagaimana perutnya menggantung ke bawah, tidak seperti capung dan lain sebagainya ketika terbang.

Proses Produksi Madu

Jika lebah madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama lebah lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Inilah kehebatan proses dalam pembuatan madu yang dilakukan oleh lebah. 

Dalam sarangnya lebah menyimpan nektar dalam sarang madu. Nektar ini kemudian mengental dan berubah menjadi. Bila sudah cukup kental, lebah menutupnya dalam sarang madu dengan bahan yang disebut lilin lebah. Anda pasti sering melihat lilin tersebut jika menemukan sarang madu.

Madu adalah makanan lebah dan dimakan juga oleh manusia di seluruh dunia. Sejak jaman dahulu madu digunakan sebagai bahan makanan. Maka lebah bekerja untuk mengumpulkan madu sebanyak-banyaknya. Hebatnya, makanan lebah tersebut memiliki banyak manfaat untuk manusia.

Madu juga merupakan salah satu hasil hutan non-kayu.

Ciri-ciri Madu

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Namun demikian bukan glukosa buatan seperti yang beredar pada pemanis-pemanis makanan. Glukosa madu alami dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, madu dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan contohnya untuk untuk pemanggangan makanan. Juga banyak hal lainnya. Bahkan biasanya orang arab memakan madu bersamaan dengan daging kambing yang hangat.

Madu memiliki cita rasa berbeda daripada gula dan lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air. Oleh karena ini, madu yang disimpan cukup lama akan dapat tetap bertahan hingga ribuan tahun. Inilah salah satu kehebatan madu yang jarang dimiliki oleh makanan lain. 

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Dulu belum ada gula, sehingga madu menjadi salah satu bahan utama. 

Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah. Jika nektar yang diambil dari pohon rambutan, maka rasanya atau bahkan aroma akan condong seperti bunga di rambutan. Begitu juga dengan nektar bunga yang lainnya.

Sumber:Wikipedia.com dan https://www.gosyenland.com/

0 komentar:

Posting Komentar