WHAT'S NEW?
Loading...

9 Manfaat Madu Murni bagi Kesehatan


Bagi Anda yang baru mengkonsumsi madu, atau ingin rutin mengkonsumsi madu, maka kami sarankan untuk terlebih dahulu tahu manfaat madu murni bagi kesehatan. Karena ketika sudah tahu manfaatnya, Anda akan tahu mengapa ada perubahan dalam tubuh ketika mengkonsumsi nutrisi dari alam tersebut.

Berikut beberapa manfaat madu murni bagi kesehatan.

• Bahan Pemanis Alami. 

Rasa manis asli dari madu bisa menjadi pengganti gula tebu atau bahan pemanis buatan. Madu dapat dikonsumsi bersama teh maupun jus buah. Tidak hanya itu saja, madu juga bisa digunakan sebagai pemanis makanan, kue atau permen.

Meskipun madu mengandung glukosa, namun kandungan glukosanya adalah alami, tidak seperti pemanis yang berasal dari bahan kimia. Atau gula yang sudah melewati proses kimia.

• Penurun Berat Badan. 

Madu mengandung lebih banyak kalori daripada gula ketika dikonsumsi dengan air hangat, sehingga dapat membantu melarutkan lemak jahat yang tersimpan di dalam tubuh.

Sayangnya tidak banyak yang mengetahui cara mengkonsumsi madu dengan benar untuk penurun berat badan. Konsumsi madu dicampur dengan lemon dan kayu manis sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Rutin mengkonsumsinya akan membuat Anda lebih percaya diri.

• Sumber Energi Pembangkit Stamina. 

Madu mengandung 80% gula alami, 18% air, serta 2% kandungan mineral, vitamin, pollen dan protein sehingga tidak diragukan lagi bahwa madu disebut-sebut sebagai asupan sempurna penambah stamina. Maka Anda akan merasakan vitalitas yang luar biasa.

Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam madu dapat diserap tubuh dan baik untuk kesehatan liver (hati). Mengonsumsi madu di pagi hari dapat membantu meningkatkan aktifitas kerja Anda. Inilah yang membedakan madu dengan konsumsi obat-obatan, tidak mengandung efek yang buruk.

• Melembapkan Kulit dan Bibir yang Kering. 

Selain untuk kesehatan tubuh, madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Madu dapat meremajakan kulit, mengecilkan pori-pori serta melembapkan kulit serta bibir yang kering. Tidak hanya itu saja, madu murni juga bisa membantu menunda penuaan dini.

Scrub dari campuran madu dan gula dapat digunakan untuk menghaluskan kembali bibir atau kaki yang pecah-pecah. Ketika Anda mengalami bibir pecah-pecah, cukup oleskan madu murni sekaligus diminum rutin pagi dan sore hari.

• Menambah Stamina Ibu Hamil. 

Madu baik untuk ibu hamil karena dapat menambah tenaga dan stamina. Vitamin C di dalam madu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, menghindari segala macam bakteri buruk yang bisa mengganggu perkembangan janin serta menjaga kulit ibu hamil tetap sehat dan cerah.

• Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan. 

Madu memang sudah dikenal lama sebagai obat batuk dan radang tenggorokan alami. Kandungan Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat meredakan batuk serta memberikan ketenangan saat tidur, apalagi kalau dikonsumsi saat sebelum tidur. Sehingga ketika Anda mengkonsumsi madu akan merasakan tidur yang berkualitas.

Untuk menyembuhkan batuk, madu dapat diminum sebanyak dua sendok teh atau satu sendok makan saat pagi serta malam hari. Secara natural madu akan bekerja untuk meredakan batuk di tenggorokan.

• Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung. Dua penyakit berbahaya ini lebih baik dicegah sejak dini dengan cara mengkonsumsi madu terbaik, seperti madu kaliandra, klanceng, dan madu premium lainnya.

• Meningkatkan Stamina Pria

Madu juga dikatakan bermanfaat dalam menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare, dan mual. Sehingga bagi pria, madu sangat penting sekali, apalagi jika Anda merupakan pekerja yang sangat aktif.

Madu jauh lebih bermanfaat dibandingkan nutrisi-nutrisi buatan karena mengandung saripati dari nektar bunga yang dipercaya memiliki kandungan energi tinggi.

•Madu Mengandung Probiotik Alami

Probiotik, yaitu upaya untuk meningkatkan populasi bakteri “baik” sehingga lebih dominan. Caranya antara lain dengan mengkonsumsi bahan pangan seperti susu (yoghurt) yang telah dilengkapi bakteri “baik”, juga madu.

Madu bersifat masam (mengandung asam formiat, asam malat, asam asetat, asam sitrat, asam suksinat, denga pH sekitar 3-4), dalam kondisi ini bakteri “jahat” tidak dapat bertahan. Oleh sebab itu madu sangat bagus dikonsumsi rutin.

Maka madu sangat favorit digunakan sejak zaman dulu untuk dikonsumsi rutin. Bahkan orang-orang yang memiliki banyak uang rela mencari madu premium terbaik untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan.

Copas dan dirangkai dari Lemonilo.com dan https://doktersehat.com/

0 komentar:

Posting Komentar