WHAT'S NEW?
Loading...

5 Madu Premium Indonesia Berkhasiat Bagus Mahal

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya dibuktikan dengan banyaknya hutan tropis yang mengepung kepulauan di Indonesia. Imbasnya banyak madu-madu terbaik yang ada di wilayah nusantara.

Bagi kami, madu Indonesia sudah sangat bagus, terutama beberapa madu. Kami akan ulas beberapa madu terbaik dari Indonesia yang bisa menjadi pilihan konsumsi premium. Terutama bagi pecinta madu dan yang ingin menjaga Kesehatan.


1. Madu Kaliandra

Kemudian madu kaliandra itu merupakan salah satu jenis madu yang diproduksi oleh lebah ternak yang senang menghisap sari atau nektar dari bunga kaliandra yang disekitar wilayah tersebut. Di dataran tinggi terdapat banyak bunga kaliandra, walaupun pada wilayah tersebut nyatanya tidak hanya terdapat tumbuhan kaliandra, namun kenyataannya nektar didaerah tersebut didominasi dari kaliandra maka sering disebut madu kaliandra

Madu kaliandra diproduksi oleh lebah ternak yang diternakkan dan dilepas liar didaerah yang tumbuh subur bunga kaliandra, sebagian besar madu kaliandra yang bagus dihasilkan dari lebah jenis Apis Mellifera. Lebah jenis ini tingkat produktivitasnya sangat bagus dan membudidayanya pun sangat mudah jadi banyak petani madu yang memakai lebah jenis ini. Oleh sebab itu madu ini sangat bagus dalam aspek Kesehatan. Terutama untuk masalah pencernaan dan imunitas.

Salah satu kelebihannya adalah aromanya yang wangi dan segar ketika dicium. Sehingga bagi yang tidak begitu suka madu akan merasakan kenikmatan tersendiri. Rasanya juga sangat enak. Ada kenikmatan yang khas, berbeda dengan madu-madu pada umumnya. Warnanya juga sedikit berbeda. 1 kg bisa mencapai 170 ribu.

2. Madu Sumbawa

Madu ini dihasilkan lebah liar hutan dan lebah penangkaran. Untuk mendapatkan madu sumbawa asli hutan tidaklah mudah, sebab para pemburu madu alam harus berjalan kaki untuk melewati jurang, tebing, serta sungai-sungai di hutan sumbawa.

Lebah madu asal sumbawa memakan nektar dari bunga pohon cendana atau Ziziphis mauritania yang banyak tumbuh di hutan sumbawa. Apalagi pohon cendana sangat langka, maka madu ini harganya lebih mahal.

Proses pembuatan madu asli sumbawa juga sangat teliti dan terbebas dari proses fermentasi dan hal lain yang dapat mengurangi kualitas dan manfaat madu. Madu yang diambil dari hutan, akan segera diperas, disaring dan dimasukkan ke dalam botol tanpa campuran apapun. 1 kg bisa mencapai 160 ribu.

3. Madu Klanceng

Berbeda dengan madu jenis lain yang kebanyakan memiliki rasa manis, Madu Klanceng cenderung memiliki rasa yang sedikit asam bahkan ada yang sedikit pahit.  Selain itu, madu jenis ini juga lebih encer dibandingkan dengan jenis madu yang banyak terdapat di toko-toko maupun petani madu pada umumnya.

Sedangkan kandungan Madu Klanceng atau Madu Trigona begitu tinggi manfaatnya untuk kesehatan.  Manfaat dan khasiat Madu Klanceng tidak bisa lepas dari banyak dan tingginya kandungan nutrisi dan zat aktif yang ada pada Madu Klanceng ini. Kaya akan kandungan Propolis inilah salah satu faktor penyebab Madu Klanceng sangat bermanfaat untuk kesehatan dan terapi penyakit.

Sedangkan dari segi kandungan gizinya, Madu Klanceng mengandung protein, amino acid, vitamins, mineral, dan flavonoids. Dengan semua kandungan gizi ini menjadikan Propolis sebagai suplemen terbaik.

Seperti madu lainnya, madu memiliki sejumlah manfaat kesehatan, karena madu mengandung antioksidan, flavonoid, vitamin E, vitamin C, fenolat, asam amino, zinc, zat besi, air, dan gula.
Karena tawonnya kecil, dan produksi madunya sangat sedikit, maka madu klanceng harganya tergolong sangat mahal, 1 kg mencapai 350 ribu rupiah. Tapi kalau masalah khasiat, madu ini sangat baik.

4. Madu Tawon Gung

Madu tawon gung dihasilkan dari lebah madu liar. Lebah madu ini sulit dibudidayakan karena sifatnya yang agresif. Lokasi sarangnya pun biasanya sulit dijangkau karena berada di tempat yang sangat tinggi. Maka dari itu tidak heran jika madu tawon gung dijual dengan harga yang mahal.

Madu ini merupakan salah satu madu asli unggulan Indonesia. Rasanya manis dan nikmat. Madu Tawon Gung dihasilkan dari multi nektar tanpa bahan pengawet, sehingga madunya terjamin alami dan berkhasiat untuk tubuh.

Tawon tersebut bukan lah tawon ternak karena sifatnya masih agresif dan sulit untuk dikendalikan. Lebah-lebah liar tersebut akan menghasilkan madu berwarna kehitaman dan dikenal sebagai madu tawon gung.

Oleh sebab itu madu ini sangat mahal, mirip dengan madu klanceng, terutama karena kelangkaan dan khasiatnya.

5. Madu Hutan Kalimantan

Pernahkan Anda mendengar cerita tentang madu yang dipetik dari sarang lebah di dahan-dahan pohon berketinggian 40 meter di tengah hutan Kalimantan ? Itu adalah kisah para warga desa di Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Madu adalah produk desa nan melimpah yang dimiliki desa-desa kecamatan ini.
Madu itu dipanen dari sarang lebah yang bertempelan di dahan pohon-pohon raksasa seukuran rentang tangan empat tangan orang dewasa. Ukuran sarangnya juga tidak main-main, lebih besar dari tubuh orang dewasa.

Warga desa desa dekat hutan setempat memanjat pohon-pohon menggunakan pasak kayu yang ditancapkan sebagai tangga. Bermalam-malam, sembari bertaruh nyawa mereka memeras cairan kental penuh khasiat itu dan membawa pulang berkilo-kilo madu sekali panen.

Madu hutan Kalimantan bagusnya adalah stoknya cukup banyak sehingga tidak terlalu mahal, padahal khasiatnya cukup bagus sekali.

Inilah beberapa madu terbaik, berkhasiat tinggi, dan mahal di Indonesia.

copas dari beragam sumber.

0 komentar:

Posting Komentar