WHAT'S NEW?
Loading...

5 Alasan Mengapa Madu Murni Mahal



Madu murni mahal itu sudah menjadi rahasia umum. Harga madu untuk yang biasa, sekitar Rp50.000 untuk 300 gram. Sedangkan yang istimewa bisa mencapai Rp100.000, bahkan lebih. Ada juga lho yang sebotol 300 gram mencapai Rp200.000. Pasti pertanyaannya apa yang menentukan harga madu sehingga mahal.

Ketahui Seluk Beluk Madu

Madu memiliki beberapa proses yang Panjang. Mulai dari beternak, sehingga harus mengumpulkan lebah di kotak-kotak . Juga harus menyiapkan kebun khusus sehingga nektarnya bisa disedot lebah untuk menghasilkan madu. Kemudian baru memanen dalam jangka waktu tertentu.

Kalau madu hutan, sederhananya, madu itu sudah tersedia di pohon-pohon. Tinggal bagaimana mengambilnya. Kemudian biasanya diperas diletakkan di dalam ember untuk disuling dan dimasukkan dalam kemasan.

Faktor Kenapa Madu Mahal

Faktor pertama mengapa madu mahal adalah kesulitan dalam mendapatkan madunya. Contoh kalau ternak adalah madu klanceng atau lanceng, madu ini dikenal memiliki harga yang selangit. Untuk satu botol 300gram bisa mencapai 150.000. faktor utamanya adalah lebahnya sangat kecil, sehingga produksinya sangat sedikit. Sehingga harganya selangit.

Padahal rasanya asam, tidak terlalu manis, tapi memang khasiatnya yahud, sehingga madu ini banyak dicari orang.

Kedua, kesulitan dalam memanen. Madu hutan punya karakteristik bergelantungan di pohon-pohon yang sangat tinggi sekali. Sehingga untuk memanennya butuh usaha sangat keras. Bahkan bisa dikatakan mempertaruhkan nyawa. Karena bisa diserang tawon, atau jatuh. Maka biasanya harganya mahal. Contoh madu tawon Gong, madu Sumbawa, madu NTT.

Kalau ada yang bertanya, madu Kalimantan adalah madu hutan, sulit mengambilnya, tapi harganya tidak terlalu mahal. Jawabannya adalah peminatnya tidak terlalu banyak, karena konon kadar airnya lebih tinggi. Harus ada usaha khusus membuat madu tersebut lebih populer.

Ketiga, madu tersebut sangat populer, sehingga banyak yang mencari. Contohnya adalah madu Kaliandra. Madu ini sebenarnya memiliki cara budidaya yang tidak terlalu sulit, pohon kaliandra juga tidak susah, tapi madu kaliandra sudah terlanjur dikenal sebagai madu penghasil energi yang tinggi karena glukosanya tinggi. Rasanya manis.


Keempat, khasiat. Pernah dengan madu pahit mahoni, madu ini memang sudah pahit dari sananya. Karena menghisap nektar mahoni yang pahit. Namun madu ini dikenal memiliki khasiat yang cukup melimpah. Dari diabetes, sampai untuk lemah syahwat. Juga madu klanceng yang dikenal memiliki banyak khasiat.

Keempat, merk. Bisa dikatakan madu sebenarnya yang membedakan hanya nektar bunga yang dihisap, plus kadar air. Perbedaan jenis membuat perbedaan harga. Tapi kemudian ditambah merek. Maka harganya akan tinggi. Merk memang penting. Contoh madu bermerek adalah Madu TJ, Madu Nusantara dan lain sebagainya. Padahal beberapa juga melewati proses. Tapi namanya sudah bermerek. Plus banyak iklan harga melambung.

Pilih Madu Mahal atau Murah

Kalau ditanya pilih madu yang mahal atau yang murah. Jawaban kami cari yang sesuai dengan khasiat yang diinginkan. Setiap madu punya karakteristik dan khasiat yang berbeda-beda. Jangan dipaksa minum madu tipe pahit jika tubuh Anda sebenarnya membutuhkan yang manis.

Kecuali Anda seorang kolektor yang menginginkan madu-madu langka untuk dikoleksi. Maka Anda akan menemukan madu-madu berharga mahal.

0 komentar:

Posting Komentar