WHAT'S NEW?
Loading...

4 Manfaat Minum Madu Saat Puasa Ramadhan


manfaat minum madu saat puasa Ramadhan

Jika Anda berpuasa, maka ada tips sederhana terkait madu yang bisa membuat puasa Anda lebih berkualitas. Terutama untuk stamina selama seharian menjalankan ibadah puasa.
Kali ini kami akan mengulas bagaimana mengkonsumsi madu selama bulan puasa. Terutama di waktu sahur dan berbuka agar tubuh tetap fit seharian. Apalagi madu merupakan suplemen alami yang berasal dari alam yang bisa kita nikmati dengan beragam macam manfaat.

Cara Konsumsi Madu di Bulan Puasa

Cara mengkonsumsi madu di bulan puasa yang paling mudah dan bermanfaat adalah campur dengan air hangat. Bukan air panas atau dingin. Air hangat diketahui sangat baik untuk tubuh karena memiliki sifat yang sama dengan suhu badan yang dimiliki.
Kalau ditanya berapa kehangatan yang ideal, sekitar 30% celcius. Artinya tidak sampai panas sekali. Cukup hangat-hangat kecil saja.
Kemudian larutkan satu sendok atau dua sendok teh madu ke dalam gelas berisi air hangat tersebut. Gunakan madu yang asli, bisa kaliandra, sumbawa, madu hutan odeng, atau selainnya. Jika menggunakan madu Asli akan membuat manfaatnya besar.
Caranya minum di waktu sahur satu gelas. Di waktu berbuka satu gelas. Yang baik, karena madu mengandung enzim, maka minum sebelum makan. Sedangkan di waktu buka, jangan diminum ketika langsung berbuka. Makan kurma terlebih dahulu ketika awal berbuka. Kemudian minum segelas air hangat yang sudah dicampur madu.

Manfaat Minum Madu di Bulan Puasa

Jika Anda rutin meminum madu di bulan puasa, terutama di waktu sahur dan berbuka puasa. Maka beberapa manfaat ini akan Anda dapatkan.

1.    Memberikan Cukup Energi Seharian Berpuasa.

Sudah menjadi rahasia umum jika madu mengandung glukosa alami, yang artinya adalah aman untuk tubuh namun menghasilkan energi yang besar. Sehingga bagus jika madu dikonsumsi di bulan puasa.
Selanjutnya madu juga mengandung karbohidrat, di setiap 100gram madu, sekitar 80gram adalah karbohidrat yang baik untuk tubuh. Sehingga menghasilkan sumber kekuatan untuk aktivitas seharian.
Tapi dengan catatan, akan lebih bagus ketika mengkonsumsi madu tanpa disertai konsumsi minuman manis lainnya. Biasanya di bulan puasa banyak masyarakat banyak melakukan itu. Jika demikian, maka pada akhirnya gula juga akan banyak di tubuh kita.

2.    Mengatasi Perut Kembung

Tidak sedikit orang yang berpuasa merasakan perut yang kembung. Saat pagi juga demikian saat hendak berbuka. Minumlah madu dengan air hangat. Hal ini sangat efektif sekali.
Ketika kembung, Anda pasti disarankan minum air hangat. Itu memang membuang gas dalam tubuh. Ditambah lagi madu yang berfungsi menjaga asam tetap turun. Sehingga perut rasanya tetap enak. Tidak seperti orang kembung.

3.    Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kehebatan madu salah satunya adalah kandungan enzim yang terkandung di dalamnya. Kandungan enzim tersebut dari ludah lebah dan sari tumbuh-tumbuhan. Salah satu fungsinya adalah memecah sukrosa, juga berfungsi sebagai antibakteri.
Sehingga melindungi tubuh dari bakteri. Madu murni dan organik mengandung sangat banyak enzim yang bermanfaat bagi tubuh, imbasnya imunitas tubuh akan meningkat drastis.

Hal lain adalah vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini menjadikan ibadah puasa lancar.

4.    Mencegah Konstipasi

Puasa menyebabkan pola makan berubah. Biasanya lambung mendapatkan asupan rutin. Ini berbeda. Maka perubahan pola biasanya akan menyebabkan beberapa kendala seperti kesulitan buang air besar.
Madu diketahui sebagai salah satu terapi pencernaan alami yang ampuh untuk melancarkan buang air besar. Madu apa saja selalu mengandung ini. Terutama madu asli murni terbaik.
Kandungan antiseptic dalam madu akan meningkatkan produksi lendir dalam usus. Sehingga melancarkan buang air besar.
Inilah tips meminum madu di bulan Ramadhan. Juga manfaat minum madu di bulan puasa.

0 komentar:

Posting Komentar