WHAT'S NEW?
Loading...

3 Cara Terbaik Minum Madu


Cara terbaik minum Madu - Madu adalah nutrisi alami yang dianugerahkan Allah kepada manusia melalui lebah. Ia merupakan salah satu hal terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Maka semakin banyak di Indonesia orang yang mengkonsumsi madu.

Namun demikian yang paling sering ditanyakan adalah bagaimana cara terbaik meminum madu. Karena selalu ada informasi ini dan itu. Entah dari internet atau dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Berikut kami sajikan beberapa cara terbaik minum madu.

Pahami Sifat Madu


Madu memiliki sifat seperti gula, manis. Maka ia juga sering disebut sebagai pemanis alami. Ia mengandung glukosa plus fruktosa. Masalahnya setiap madu memiliki kadar glukosa yang berbeda. Seperti madu Kaliandra yang glukosanya lebih tinggi, ada pula madu lain yang glukosanya tidak terlalu tinggi.

Madu memiliki manfaat penyumbang energi. Bahkan satu sendok teh madu bisa mengandung 21 kalori. Cukup banyak kan. Maka banyak orang meminumnya untuk tambahan stamina aktivitas setiap harinya. 

Oleh sebab itu sebelum minum madu, pahami keadaan diri Anda. Jika Anda penderita diabetes, sangat tidak disarankan meminum madu murni, karena masih mengandung glukosa. Tapi kalau Anda ingin terhindar dari diabetes, justru minumlah madu, karena glukosanya Alami. 

Madu juga sifatnya seperti buah dan sayuran yang mengandung enzim.  Sedangkan Enzim adalah biokatalisator organik yang dihasilkan organisme hidup di dalam protoplasma, yang terdiri atas protein atau suatu senyawa yang berikatan dengan protein. Oleh sebab itu dari hal ini kita tahu kapan waktu terbaik meminum madu, atau cara terbaik minum madu.

Waktu Terbaik Minum Madu

Karena sifatnya seperti buah dan sayuran, waktu terbaik untuk minum madu adalah sebelum makan. Ketika perut sedang kosong. Jika Anda merasa harus rutin minum madu, maka minumlah tiga kali sehari sebelum waktu makan. 

Sehingga manfaatnya akan langsung terasa dan terserap oleh tubuh. Madu yang demikian bisa membuat fungsinya menjadi optimal.

Kedua, karena madu memiliki mengandung kalori yang bisa meningkatkan energi, maka waktu yang terbaik adalah pagi hari. Ia akan berfungsi memberikan stamina tambahan bagi siapa saja yang meminumnya untuk bekerja seharian. 

Di waktu pagi juga akan membantu meningkatkan produksi hormon serotonin atau hormon penyebab perasaan bahagia untuk menjaga suasana hati seharian. Maka ada perasaan lain Ketika meminumnya di pagi hari. 


Ketiga, madu juga bisa bermanfaat optimal menjelang tidur. Cairan madu akan bereaksi di saat kita terlelap, seperti layaknya beberapa obat yang lebih baik diminum sebelum tidur. 

Cara Terbaik Minum Madu

Nah kalau tadi sudah dibahas waktu terbaik meminum madu, kali ini akan dibahas cara terbaik minum madu. Pertama jangan terlalu banyak. Tidak bagus, ukurannya adalah seberapa banyak Anda mampu mengkonsumsi gula. Karena setiap orang berbeda-beda.

Namun rata-rata 5 sendok teh, maksimal bisa 10 sendok teh, itu sudah sangat cukup. Tapi jangan pula meminum madu sepuluh sendok teh sekaligus, tentu saja harus dalam jangka waktu yang berbeda-beda. 

Kedua, gunakan air sebagai campuran. Hal ini akan membuat madu menjadi mudah diserap oleh tubuh. Misalkan satu sendok madu dicampur dengan satu gelas air putih. 

Jika ada yang bertanya apakah boleh dengan air hangat. Jawaban kami boleh saja. Asal airnya tidak mendidih. Karena keadaan sangat panas memang merusak keadaan madu tersebut. Juga jangan menggunakan air dingin. Air dingin diketahui tidak baik untuk tubuh, maka jangan mencampur madu dengan air dingin.

Kalau ada yang bertanya tentang menggunakan sendok besi, atau plastik, atau kayu, ketiganya tidak memiliki masalah besar. Sama saja. Namun yang terbaik tetap menggunakan air. 

Nah sekiranya kita terbiasa langsung meminum madu, maka jangan langsung ditelan, tapi masukkan mulut terlebih dahulu, campur sedikit dengan air liur. Barulah kemudian ditelan. Hal ini akan membuat manfaat madu lebih cepat diserap oleh tubuh. 

Demikianlah beberapa hal terkait cara terbaik minum madu, juga waktu terbaik minum madu. Semoga menjadi manfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar